SUMBER
DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
DISUSUN
OLEH
KELOMPOK
2 :
Pearline
Veronika
Wijaya
Donny Irvan Siregar
Renata
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI IBBI
JURUSAN
AKUNTANSI
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas
segala rahmatNya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa
kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang telah
berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.
Kami berharap semoga makalah ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk para pembaca. Bahkan kami
berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam
kehidupan sehari-hari.
Kami yakin masih banyak kekurangan
dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman
Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari
pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Medan, 20 April 2018
Kelompok 2
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
------------------------------------------------------------------------------------ i
Daftar Isi -------------------------------------------------------------------------------------------- ii
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang --------------------------------------------------------------------------- 1
1.2 Rumusan Masalah ------------------------------------------------------------------------- 2
1.3 Tujuan Penulisan dan Manfaat
Penulisan ----------------------------------------------- 2
BAB II
Pembahasan
2.1
Peranti Keras -------------------------------------------------------------------------------- 4
2.2 Peranti
Lunak ------------------------------------------------------------------------------ 14
2.2.1 Peranti Lunak Sistem -------------------------------------------------------------- 14
2.2.2 Peranti Lunak Aplikasi ------------------------------------------------------------ 15
2.2.3 Peranti Lunak yang Mudah Digunakan
Pengguna ---------------------------- 17
2.3
Komunikasi -------------------------------------------------------------------------------- 18
2.3.1 Koneksi Publik --------------------------------------------------------------------- 19
2.3.2 Saluran Pribadi -------------------------------------------------------------------- 19
2.3.3 Jaringan Pribadi Maya ------------------------------------------------------------ 20
2.3.4 Komunikasi Jaringan ------------------------------------------------------------- 20
2.3.5 Protokol Komunikasi Komputer ------------------------------------------------ 21
2.3.6 Paket ------------------------------------------------------------------------------- 22
2.3.7 Alamat Jaringan Internet --------------------------------------------------------- 22
2.4
Jenis – jenis Jaringan ---------------------------------------------------------------------- 23
2.4.1 Jaringan Area Lokal -------------------------------------------------------------- 23
2.4.2 Internet ----------------------------------------------------------------------------- 24
2.5 Konvergensi Komputasi dan
Komunikasi --------------------------------------------- 25
BAB III
Analisis Kasus dan Pembahasan --------------------------------------------------------------- 26
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sumber daya komputer anda bukan hanya
yang terdapat diatas meja anda; tetapi juga meliputi peranti keras dan peranti
lunak serta file – file yang anda akses melalui sebuah jaringan. Sumber daya komputer yang anda
pergunakan sering kali terhubung dengan komputer anda melalui sebuah jaringan.
Kecepatan dan biaya komunikasi dan
prosesor komputer
mempengaruhi penggunaan sumber – sumber daya ini. Harga akan terus mengalami
penurunan bahkan pada kenyataan kekuatan komputer meningkat dua kali lipat
setiap 18 bulan untuk harga yang sama. Sebaliknya, dalam waktu 18 bulan anda
akan dapat membeli sebuah komputer dengan tingkat kecepatan saat ini dengan setengah harga.
Manajer cenderung akan mempergunakan sumber daya komputer dan komunikasi akan terus berkembang.
Insentif untuk menghubungkan komputer mikro melalui
jaringan berasal dari adanya keinginan untuk mendapatkan laba yang lebih
tinggi. Manajer yang dapat saling berbagi informasi berbasis computer dengan
cepat dan mudah akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat
daripada pesaingnya. Berbagi musik dan melakukan obrolan secara online untuk tujuan hiburan dalah hal
yang pantas, namun keduanya tidak akan memberikan momentum bagi sangat banyak jumlah jaringan yang kita
lihat hari ini. Bisnis tidak akan dapat bersaing secara efektif tanpa mampu
berbagi informasi berbasis komputer yang dimilikinya, dan pembagian ini membutuhkan danya
jaringan.
Saat mempelajari judul ini, tempatkan
perubahan-perubahan yang terjadi dalam standard, kecepatan, dan biaya pada
perspektifnya. Jangan terlena dengan melihat bahwa hal ini hanyalah sejarah
yang harus dipelajari untuk mengahadapi sebuah ujian. Standar teknologi
informasi selalu berubah; perusahaan yang dapat melihat ke masa depan dan
memanfaatkan perubahan adalah perusahaan yang akan mampu tetap hidup dalam
perkoomian dewasa ini.
1.2 Rumusan masalah
1.
Bagaimana komunikasi nirkabel
dan telepon seluler akan mengubah komputasi ?
2.
Bagaimana komputasi akan
mengubah pengambilan keputusn manajerial jika telepon seluler anda dapat
mengendalikan komputer dan menampilakan hasil – hasil dari layar telepon seluler ?
1.3 Tujuan Penulisan dan
Manfaat Penulisan
1.
Mengetahui berbagau mancam
komponen-komponen komputer
2.
Mengetahui alat-alat komputasi
pribadi
3.
Memahami dampak dari pesatnya
perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi
4.
Mengenal sumber daya input dan
output
5.
Mengetahui perbedaan berbagai
media penyimpanan dan keunggulan dari masing-masing media
6.
Mengetahui keunggulan dari
peranti lunak siap pakai
7.
Memahami berbagai strategi
jaringan komputer
8.
memahami perbedaan komunikasi
antara melalui telepon umum dengan jaringan
9.
mengenal protokol-protokol
jaringan
10.
membedakan intranet,ekstranet
dan internet
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Peranti Keras
Komputer memiliki bermacam-macam kecepatan dan harga, namun semua
memiliki fitur-fitur yang umum. Fitur yang menjadi perhatian kita adalah prosesor, memori,
kapasitas penyimpanan dan alat input dan output. Semua komputer untuk tujuan
terumum memiliki jenis-jenis komponen yang sama; komputer-komputer yang lebih besar memiliki
komponen yang lebih banyak dan lebih cepat daripada komputer mikro.
Komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem
informasi tersentralisasi disebut sebagai komputer mainframe, atau cukup mainfarame saja.
Mainframe mendukung ratusan atau bahkan ribuan pengguna atau operasi secara sekaligus.
Komputer
mikro muncul ketika komputer digunakan oleh satu orang dan disebut komputer pribadi (personal
computer) atau PC. Dewasa ini, kekuatan komputer mikro telah berkembang dan tersambung
dengan komputer-komputer
lain melalui internet. Namun, sering kali masih disebut PC, karena lebih sering
digunakan oleh satu orang yang melakukan tugas-tugas komputasi dalam jumlah
yang terbatas.
Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai
unit pemroses pusat atau central processing unit – CPU) adalah tempat dimana pemrosesan
data dilakukan. Inter, advanced Micro Devices (AMD), Cyrix, Motorola dan perusahaan
lainnya memproduksi prosesor mikro yang terdapat di banyak komputer mikro popular.
Sebuah prosesor, seperti Pentium Extreme Edition dari intel yang ditampilkan di
figure 1.1, mengendalikan kalkulasi dan perbandingan data secara logis. Ia juga
mengarahka dan mengendalikan pergerakan data dari satu lokasi ke lokasi lainnya
didalam computer. Kecepatan prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung
untuk meningkatkan kekuatan komputasi.
Tabel 1.1
KOMPONEN
|
URAIAN
|
Prosesor (central
prosesing unit atau CPU)
|
Mengendalikan
kalkulasi,mengendalikan perbandingan data secara logis, mengarahkan dan
mengendalikan pergerakan data dari satu lokasi kelokasi lain didalam computer
|
Memori (random access
memory atau ruang penyimpanan primer)
|
memori yang terletak
pada papan sirkuit utam komputer yang disebut motherboard data dalam memori
akan hilang ketika daya komputer dimatikan
|
Ruang penyimpanan
(ruang penyimpanan disk atau ruang penyimpanan sekunder)
|
memori yang teletak
pada suatu alat yang tidak terdapat pada papan sirkuit utama. Kebanyakan jenis penyimpanan ini dapat dilepaskan dan dapat dipindahkan
dari satu komputer ke komputer lain. Data yang disimpan tidak hilang ketika
daya komputer dimatikan. alat-alat penyimpanan yang umum adalah floppy disk
dan CD.
|
Alat input (input
device)
|
suatu alat yang
menangkap data oleh metode manual atau elektronik dan mengirimkan data
keruang penyimpanan atau memori. Alat-alat input yang umum adalah keyboard,
mouse dan pemindai
|
Alat output (Output
device)
|
suatu alat yang
menyajikan dan atau mengirimkan data dari komputer kepada pengguna. Alat-alat
output yang umum adalah monitor komputer, printer, CD, dan pengeras suara
|
Alat input/output
(input/output device)
|
suatu alat yang dapat
melakukan fungsi-fungsi input maupun output. Contohnya dalah monitor layar
sentuh dan disk penyimpanan (seperti floppy disk, zip disk, dan CD yang dapat
ditulis ulang
|
Kecepatan Prosesor diukur
oleh jumlah siklus yang terjadi perdetik dan angka ini telah berkembang dengan
sangat cepat selama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan computer mikronya
yang pertama. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam Megahertz (MHz) yang berati juta siklus
per detik. Setiap siklus adalah suatu peluang dilakukannya aksi, seperti
menambahkan dua angka. Chip intel 8088 digunakan sebagai prosesor untuk
computer mikro IBM pertama yang dijalankan pada kecepatan 4,77 MHz ( 4,77 juta
siklus perdetik). Pentium Extreme Intel berjalan pada kecepatan 3,2 Gigahertz
(GHz) atau 3,2 miliar siklus perdetik.
Ukuran Word prosesor pertama yang
disebut mesin “8-bit” karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran dari satu
“word”. Bit adalah nilai tunggal yang terdiri atas nol atau satu. Word dalah
ukuran dari beberapa bit yang dapt digerakan dengan satu siklus computer.
Delapan bit
akan membentuk satu bita (Byte), dan setiap bit dapat menyimpan satu karakter.
Sebagai contoh, rangkaian 8 bit “01000001” akan menyatakan huruf “A”. Ukuran word adalah hal
yang penting; ia menentukan berapa banyak karakter, seperti “A” yang disebutkan
dapat dipindahkan dalam satu siklus prosesor.
Kekuatan kekuatan computer
dipengaruhi oleh ukuran word dan kecepatan prosesor. Juga perbaikan dlam
sirkuit prosesor akan memungkinkan operasi (seperti penambahan, perbandingan
nilai-nilai data dan data lainnya). Dikerjakan dalan siklus yang lebih sedikit.
Huku, moore menyatakan kecepatan sebuah computer akan meningkat dua kali lipat
setiap 18 bulan. Ini merupakan kombinasi kecepatan prosesor, ukuran word dan
perbaikan sirkuit yang meghasilkan peningkatan kecepatan yang luar biasa.
Memori
Pada dasarnya data yang disimpan di komputer dalam dua cara - memori dan penyimpanan.
Memori yang disebut juga ruang penyimpanan primer arau random access memory
(RAM), mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit computer. Memori adalah barang yang
rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan.
Ruang Penyimpanan
Ruang penyimpanan dapat berbentuk
tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap (fixed storage) adalah ruang
penyimpanan yang terpasang secara permanen didalam komputer. Contohnya adalah
hard drive komputer mikro. Media
penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) biasanya berbentuk sebuah
pita, disk (yang dikenal pula sebagai disket), flash disk USB ( terkadang
disebut ‘pen drive” ), CD atau media jingjing lainnya.
Alat – alat Input ( Input Devices )
Data yang diterima dari manusia
(human-captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang
mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara ke mikrofon, atau interaksi lain yang serupa.
Input yang di terima dari manusia sangat penting karena memberikan satu
mekanisme langsung bagi pengguna untuk mengendalikan komputer. Sebagian besar data pada awalnya memiliki
bentuk yang tidak dapat dibaca oleh mesin dan perlu dilakukan entri data oleh
manusia.
Terdapat dua kendali data dari manusia :
1.
Lambat
2.
Biasanya tidak dapat mencapai
tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang diterima dari mesin (
machine-captured data ) data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau
mekanisme
Alat – alat Output ( Output Devices )
Dua alat output yang paling dikenal
adalah layar komputer , yang terkadang sering disebut monitor dan printer. Meskipun konsep
“kantor tanpa kertas” telah mendapat banyak perhatian hasil output cetakan
tetap merupakan fakta dari komputasi.
Resolusi layar (Screen Resolution)
mengacu pada titik-titik cahaya yang terdapat pada monitor yang ditampilkan
dilayar. Dewasa ini, resolusi 1.600 kali 1.200 dan lebih besar adalah hal yang
umum. Ini artinya terdapat 1.600 titik pada setiap 1.200 garis pada layar.
Resolusi layar computer yang tinggi memungkinkan penggunaan cukup banyak icon
(symbol yang melambangkan suatu tindakan yang akan dilakukan oleh computer)
secara praktis sehingga antarmuka pengguna berbentuk grafis atau graphical user
interface (GUI) telah menjadi antarmuka yang dominan.
Multimedia
Evolusi utama alat input dan output
adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat
yang sama. Sebagai contoh, informasi dalam bentuk teks dapat diproyeksikan ke
layer computer dengan disertai oleh satu gambar atau video. Oengguna tidak
hanya mengetikan perintah; mereka menggunakan alat penunjuk seperti mouse atau
berbicara ke microfon untuk memilih icon, yang selanjutnya, menyebabkan
computer beroperasi pada layer pesan. Sentuhan keyboard atau mouse, input
lisan, tampilan gambar dilayar, dan suara dari pengeras suara bersama-sama akan
memberikan beragam kemungkinan input dan output
Alat – Alat
Komputasi Pribadi
Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan
dengan komputer
mikro.
Bahkan, komputer
mikro pada awalnya disebut komputer pribadi (personal computer). Komputer mikro saat muncul pertama kali bukan
tergabung dalam suatu jaringan; setiap pengguna komputer mikro menggunakan sumber daya ini hanya
untuk keperluan komputasi pribadi saja. Kini masing-masing pengguna sebuah komputer mikro dapat
berbagi file, printer dan sumber daya lainnya ketika terhubung oleh suatu
jaringan.
Telepon Seluler
Dengan Pesan Dan Video Interaktif
Beberapa telepon seluler dapat
menyimpan video-video pendek. Keypad telepon menjadi alat input, meskipun
beberapa orang merasa pengguliran nilai-nilai di keypad telepon adalah hal yang
membosankan. Namun, telepon seluler memiliki kapasitas komputasi yang mendasar
saja, dan keypad serta layar tampilannya bertindak sebagai alat input dan output.
Telepon seluler memiliki fitur-fitur
lain yang membantu fungsi-fungsi bisnis. Daftar kontak disimpan dalam telepon
seluler. Daftar kontak tidak hanya mencantumkan nomor telepon saja, namun juga
nama, alamat, alamat e-mail, catatan dan lebih banyak lagi.
Agenda dan alarm adalah dua alat fitur
tambahan telepon yang membantu tujuan bisnis. Manajer dan professional
mengahadir banyak rapat, dan alarm telepon seluler bekerja seperti sebuah jam
alarm, yang berdering pada waktu yang telah ditentukan. Agenda lebih
membutuhkan perhatian. Sebuah kalender akan ditampilkan dilayar telepon dan
pengguna memilih hari, jam di hari tersebut, dan pesan sehubungan dengan sifat
dari pertemuan yang dijadwalkan.
Telepon Seluler
Cerdas
Telepon seluler dianggap sebagai
telepon cerdas (Smart phone ) ketika ia menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang
biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Treo 650 dari Palm, Inc ( WWW.PALM.COM
) memenuhi defenisi smart phone. Telepon ini memiliki fitur-fitur agenda dan
daftar kontak. Ia juga menawarkan akses Web dan sebuah keyboard. Fitur yang
membedakan Treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronkan seluruh informasinya ( agenda,
nomor telepon, dan banyak lagi ) dengan sebuah komputer mikro.
Jaringan Rumah
Jaringan Komputer rumah telah sama
populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan
modem untuk koneksi internet “broadband”. Jika anda memiliki TV kabel, anda
mungkin dapat membeli sebuah modem kabel sehingga anda dapat mengakses internet
melalui kabel yang membawa sinyal TV kerumah anda. Perusahaan telepon menjual
modem DSL ( digital Subscriber Line ). Baik modem kabel maupun DSL yang membawa
akses internet berkecepatan tinggi ke rumah anda.
Pemasangan
Modem banyak rumah tangga
yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang berkecepatan tinggi ke internet
melalui modem kabel atau DSL. Masalahnya adalah bagaimana membagi satu koneksi
di antara beberapa komputer. Solusi paling umum adalah menggunakan sebuah router
nirkabel. Modem akan tersambung ke router dan router tersambung ke komputer melalui sebuah
jaringan nirkabel.
Keamanan Nirkabel ketika anda memasang
router jaringan nirkabel anda, anda akan ditanyakan beberapa pertanyaan. Pahami
bahwa koneksi nirkabel anda memiliki jarak sekitar 100 meter didalam sebuah
bangunan, karena adanya dinding dan halangan-halangan lainnya. Jarak di luar
ruangan kurang lebih tiga kali lebih jauh. Ini artinya bahwa pengguna –
pengguna lain dengan kartu jaringan nirkabel akan dapat terhubung ke router
jaringan nirkabel anda jika mereka tinggal atau bekerja di dekat anda. Ketika
memasang router
anda mungkin ingin membuat satu kata sandi untuk membatasi akses ke jaringan
nirkabel anda.
Keamanan
Komputasi Rumah
Tiga aspek keamanan
memiliki arti yang penting bagi computer mikro yang anda pegunakan di rumah dan
di tempat kerja : update system operasi , virus ,dan spyware. Keamanan bagi sumber
daya sebuah organisasi seperti
server web, basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab dari para
professional sistem
informasi . tetapi anda perlu malindungi kompuer anda .
Perbaruan terdapat 2 jenis perbaruan ( update ) yang
penting bagi pengguna individu update untuk system informasi dan untuk peranti
lunak aplikasi. Microsoft windows adalah sistem operasi yang paling popular
bagi computer mikro. Apple computer membuat Mac OS X; unit adalah sistem
operasi yang lain.
Meng-update system operasi anda penting
artinya bagi anda keamanan dan efisiensi . keamanan adalah kepentingan utama ,
namun efisiensi hendaknya tidak diabaikan , hampir setiap hari terdapat satu
jenis peranti keras baru yang dibuat atau diperbaiki .
Hacker adalah orang orang yang mencoba untuk
menerobos masuk ke system computer guna mengumpulkan informasi, menolak akses
pemilik ke sumber daya komputer miliknya , menghapus file file , atau mengacaukan penggunaan computer mikro oleh para
pemiliknya . system operasi adalah program program computer yang mengendalikan
sumber daya peranti keras dan peranti lunak computer anda , dan karena alasan
ini mereka merupakan sasaran para hacker .
Virus
– Virus Komputer adalah program-program
computer yang menggandakan diri dengan memasukan diri mereka ke dalam sumber
daya computer seperti program atau file .lama
kelamaan , virus dapat mengambil alih sumber daya computer karena begitu banyak
file dan program yang terinfeksi dan tidak dapat dipergunakan kembali. Worm
umumnya dianggap sebagai virus , worm dapat mengahapus file , mengubah file
,mengirimkan ke e-mail , dan dapat menimbulkan masalah melalui berbagai macam cara.
Bagi kebanyakan pengguna , istilah virus meliputi virus-virus sekaligis juga
worm, peranti lunak antivirus akan melawan virus maupun worm
Spyware
adalah sebuah program komputer kecil yang
mengawasi apa yang sedang anda kerjakan dengan sumber daya komputer anda. Beberapa spyware melaporan aktivitas komputer anda, seperti
situs-situs web mana yang anda kunjungi atau aplikasi komputer apa yang anda
pergunakan, ke entitas lain. Beberapa
spyware bahkan membajak browser web
anda dengan membawa anda ke situs web tertentu setiap kali anda memasukan
kalimat untuk dicari di web .
2.2
Peranti Lunak
Terdapat
2 jenis peranti lunak : peranti lunak system dan aplikasi . peranti lunak
system dibutuhkan untuk menggunakan computer , sedangkan peranti lunak aplikasi
memproses data pengguna . Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk
siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu .
2.2.1
Peranti
Lunak Sistem
Peranti
Lunak system ( system software ) atau
yang disebut juga peranti
lunak system operasi,
menjalankan tugas yang mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu
computer tertentu .
Sistem
operasi mengelola proses-proses komputer
, dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, peranti
lunak aplikasi , dan peranti keras .Contoh- contoh system operasi untuk
computer mikro adalah Windows XP dan Mac OS X
system operasi untuk computer-komputer yang lebih kecil biasanya
berjalan pada lebih dari satu processor pabrikan, sedangkan system operasi
untuk computer computer mainframe besar, seperti OS/390 IBM . Semua Komputer
memiliki system operasi , namun system-sistem tersebut bervariasi dalam
sejumlah fungsi dasar dan dalam bagaimana fungsi-fungsi tersebut dijalankan .
system operasi sebuah mainframe jauh lebih rumit daripada system operasi
computer mikro dengan pengguna tunggal , karena mainframe harus melakukan
koordinasi dengan banyak alat-alat input dan output , juga menangangani
beberapa pengguna sekaligus
2.2.2
Peranti
Lunak Aplikasi
Ketika computer pertama
dikembangkan, bahasa pemrogram masih belum ada .kini kita menggunakan aplikasi
peranti lunak siap pakai dan kadang-kadang, peranti lunak aplikasi yang dibuat
sesuai pesanan. Dengan meningkatkan pengetahuan para pengguna komputer maka
meningkatkan pula jumlah aplikasi yang ditulis sendiri oleh pengguna akhir .
Peranti Lunak
Aplikasi siap Pakai (prewritten application software)
atau kadang disebut peranti lunak off-the-shelf,
diprodiksi oleh pemasok dan dijual kepada pengguna . Peranti Lunak ini biasanya
memeperkenankan pengguna untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian kecil, guna
menyelesaikan terhadap kebutuhan-kebutuhan khusus yang mungkin mereka miliki .
Peranti lunak siap pakai memiliki 2 keuntungan
penting :
·
Peranti lunak siap
pakai telah langsung tersedia . bisnis tidak harus menunggu programmer mengembangkan selama tiga
minggu atau enam bulan.
·
Peranti lunak siap
pakai lebih murah daripada peranti lunak khusus
Peranti
Lunak Aplikasi Khusus : Terkadang sebuah organisasi memiliki
operasi ynag unik. .dalam kasus seperti ini , bisnis mungkin memiliki
programmer atau sekelompok programmer konsultannya sendiri yang menuliskan
peranti lunak untuk memenuhi kebutuhannya . Peranti lunak seperti ini disebut Peranti
lunak Apliaksi Khusus (custom application software) .
Peranti
lunak yang ditulis oleh pengguna factor yang
membuat pengguna akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan
aplikasi tersebut dibutuhkan, tingkat kerumitan aplikasi , dan kemudahan
penggunaan paket Peranti Lunak . Paket paket peranti lunak seperti Exel dan
Acces dari Microsoft ditulis dengan cara yang memungkinkan pengguna dapat
dengan cepat menjalankan langkah-langkah pemrograman sederhana . seiring dengan
semakin mudahnya penghunaan paket-paket peranti lunak , maka semakin banyak
jumlah aplikasi yang ditulis oleh pengguna .
2.2.3
Peranti
Lunak Yang Mudah Digunakan Pengguna
Peranti lunak computer yang
sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali dikatakan mudah digunakan
pengguna (user-friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi
negative dimana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini dibuat
dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya. Sumber daya berbasis
computer dapat memainkan suatu peranan dalam tugas tugas dari kebanyakan
pekerja kantoran mulai dari juru tulis tingkat awal hinggal direktur
utama.
Karakteristik aplikasi yang mudah digunakan :
Dialog yang dipandu
untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan , formata
data yang diminta, dan masalah masalah lain yang serupa
Menu, daftar perintah
dengan langkah-langkah yang ditampilkan kebawah dan icon : banyak cara untuk
meneyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada pengguna yang masih
awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih banyak pengguna
yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas.
Pola dan
formulir-formulur isian
Bantuan yang sensitive
pada konteks .informasi yang membantu hendaknya diberikan pada titik tertentu
dimana pengguna mengalami kesulitan , yang membutuhkan program computer untuk
tetap melacak pada bagian aplikasi sebelah mana permintaan spesifik pengguna
berasal
Antarmuka berbentuk
grafis dengan menggunakan symbol-sibol terstandarisasi : pengguna hendaknya
tidak diharapkan untuk mempelajari icon-icon
baru ketika setiap aplikasi ditulis . harus terdapat standarisasi dalam arti
dan penggunaan icon serta lokasinya
pada antarmuka diantara berbagai jenis aplikasi .
2.3
Komunikasi
Kecepatan transmisi data antar komputer yang
berlangsung melalui sistem
telepon publik sering kali lebih lambat daripada ketika komputer tersambung
melalui jaringannya sendiri. Kabel
yang menghubungkan kedua koneksi yanga sama , namun kebanyakan jaringan
komputer beroperasi ratusan kali lebih cepat daripada koneksi yang melewati sistem telepon publik.
2.3.1
Koneksi
publik
Seseorang yang
menggunakan system telepon tetap dapat memahami komunikasi bahkan ketika
saluran tersebut memiliki suara statis atau suara berdengung ; sedangkan
komputer membutuhkan koneksi yang sangat dapat diandalkan . Protokol-protokol
untuk system telepon public dirancang untuk memenuhi kriteria minimum transmisi
suara –transmisianalog bermutu rendah
–dan kualitas yang dibutuhkan untuk komunikasi data secara signifikan lebih
rendah daripada yang dibutuhkan untuk transmisi data computer .
v
Modem telepon , menghubungkan sekitar setengah computer
rumah ke internet pada kecepatan 56
Kbps( 56.000 bit per detik )
v
Modem kabel ,
sebenarnya tersambung ke internet melalui kabel coaxial yang umumnya digunakan
untuk menerima siaran televise kabel, biasamya kecepatannya terkadang hanya
mampu mencapai 512 Kbps saja.
2.3.2
Saluran
Pribadi
Komunikasi
membutuhkan adanya satu koneksi dari satu titik ke titik yang lain. Terdapat
banyak kemungkinan jalur yang akan melintasi jaringan . saluran pribadi ( private line )
adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lintas anda .istilah-istilah saluran sewaan (
leased line ) dan saluran khusus
( dedicated line ) juga
dipergunakan.
2.3.3
Jaringan
Pribadi Maya ( Virtual Private Networks )
Saluran pribadi malah
biasanya , paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet. Saluran
pribadi lebih aman , karena data anda adalah satu satunya data yang berada pada saluran
komunikasi. saluran pribadi juga lebih cepat daripada transmisi data internet
yang aman . Peranti Lunak tunneling sebenarnya hanya menciptakan seperangkat
lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang akan menyelenggarakan transfer
komukasi data tertentu .
Jaringan
pribadi maya (virtual private networks – VPN ) adalah
jawaban dari pernyataan diatas. Untuk mengimplementasikan VPN, organisasi perlu
mengadakan kontrak dengan penyedia layanan internet yang menggunakan peranti
lunak tunneling. Microsoft
dan cisco systems,
sebagai dua vendor utama peranti keras komunikasi dan peranti lunak terkait
mendukung peranti lunak tunneling.
Peranti
lunak tunneling sebenarnya hanya menciptakan
seperangkat lokasi – lokasi perantara peralatan telepon yang akan
menyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu. Tunneling secara konsep
serupa dengan membuat satu sirkuit pribadi bagi beberapa milidetik waktu yang
dibutuhkan untuk mengirimkan data.
2.3.4
Komunikasi
Jaringan
International
organization for standarization
(WWW.ISO.ORG)
didirikan –ada tahun 1946 ; Organisasi ini menciptakan arsitektur standart
Interkoneksi System Terbuka ( open system Internnection – OSI ). Suatu Protokol
adalah spesifikasi dari format data yang dikirimkan diantara alat-alat
komunkasi .
2.3.5
Protokol
komunikasi komputer
Komputer pada awalnya
dirancang untuk berbagi data dengan komputer
lain, dan hanya dengan terminal-terminal . Terminal adalah suatu alat yang
tidak memiliki ruang penyimpanan atau processor ; terminal hanya menyediakan
alat memasukan dan menampilkan data bagi computer.
System
Network Archritecture , Protocol ini dirancang untuk komputer-komputer besar ,
bukan komputer mikro. SNA
membutuhkan satu komputer
induk utama yang mengumpulkan komputer-komputer
lain yang terhubung oleh suatu jaringan dalam suatu urut-urutan , hampir sama
dengan menunggu giliran.
Token
Ring , IBM menyadari bahwa tidak semua
pelanggannya mampu atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengendalikan
peranti keras. Kemudian perusahaan mulai mengimbangkan suatu protocol miliknya
yang tidak mengandalkan diri pada satu computer induk untuk mengendalikan
komunikasi ke computer-komputer lain, melainkan yang akan memperlakuakan
computer lain sebagai sesame peer
Ethenet
adalah suatu protocol terbuka bagi
komunikasi peer-to-peer. Standart Ethernet bukanlah suatu hak milik dan saat
ini diawasi oleh sebuah masyarakat professional , the institude of electrical and electronics engineers (IEEE).
2.3.6
Paket
Volume data yang sedang
dikomunikasikan dapat menjadi besar, dan hal ini akan menjadi masalah ketika
computer induk tidak menerapkan pengendalian. Untuk pemindahan data besar,
pesan-pesan yang dikirimkan perlu dipecah menjadi bagian-bagian kecil sehingga
pesan dari satu computer tidak mendominasi media komunikasi. Hal ini dapat dicapai
dengan menggunakan paket-paket data. Paket adalah satu bagian dari data total
yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan
alamat komputer pengeriman , dan informasi kendali lainnya .
2.3.7
Alamat
jaringan internet
Untuk menjalankan
paket-paket melalui jaringan,
setiap komputer yang menangani
paket data harus memiliki satu alamat yang unik .kebanyakan pengguna di dalam
sebuah perusahaan terhubung ke jaringan melalui alamat yang diberikan secara
permanen. Pengguna dirumah biasanya mengakses jaringan dengan menggunakan
penyedia layanan Internet atau Internet
services provider (ISP) .
2.4
Jenis
– Jenis Jaringan
Memahami bemacam-macam jenis jaringan
merupakan hal penting , karena masing-masing dapt memainkan peran yang berbeda
di dalam strategi komunikasi perusahaan . Bermacam-macam jenis jaringan secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi
. sebagai analoginya adalah tata ruang gedung yang ditempati oleh sebuah
perusahaan .
2.4.1
Jaringan
area lokal
( Local Area Network )
Jaringan
area local atau local area network ( LAN )
adalah sekelompok komputer
dan alat-alat lainnya (seperti printer ) yang terkoneksi oleh suatu media yang
sama. Media
ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optic,
atau media-media lainnya.
Jaringan
area metropolitan dan jaringan area luas ( metropolitan area network) MAN suatu
jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar krang lebih 30 mil . Jarak
yang dijangkau ini dibedakan MaN dan LAN. Secara konsep, MAN mungkin merupakan
jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalam satu gedung ( seluruh
departemen ). WAN digunakan untuk menghubungkan computer-komputer dan alat –
alat lainnya ketika melebihi vatasan LAN dan MAN.
2.4.2
Internet
Internet telah memberikan dampak
yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis computer daripada perkembangan
yang lain , dan ia juga telah memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya
seperti intranet dan ekstranet . Internet bersifat umum . setiap orang dengan
sebuah computer dan akses ke media komunikasi akan dapat menjelajahi Internet.
·
Intranet
, Organisasi dapat membatasi akses ke jaringan mereka hanya kepada
anggota-anggota organisasi dengan menggunakan intranet , Intranet menggunakan Protokol jaraingan yanga sama dengan Internet,
namun membatasi akses ke sumber daya komputer
hanya pada sekelompok orang terpilih di dalam organisasi.
·
Ekstranet
, Beberapa pengguna dari suatu jaringan yang memiliki otorisasi bila jadi
berada di luar batas perusahaan, koneksi ke pengguna diluar perusahaan
kemungkinan besar akan dapat dilakukan melalui Internet . Ketika Intanet
diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna di luar perusahaan, maka disebut Ekstranet
2.5
KONVERGENSI
KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Alat-alat
komputasi dan
alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki diantara
keduanya. Kemungkinan-kemungkinan
yang ada dibatasi oleh usia baterai, kecepatan komunikasi.
Voice over internet
protocol ( VoIP ) adalah perlewatan
komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital. Setiap sinyal
suara dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dimainkan kembali
pada pengeras suara ditempat tujuannya
BAB
III
ANALISIS
KASUS DAN PEMBAHASAN
SPESIAL
SALMON
Anda
adalah CIO special salmon, salah satu produsen ikan terbesar untuk rantai –
rantai restoran di amerika utara. Divisi sistem informasi terletak di Miami
dikantor pusat perusahaan. Special salmon menempati lima gedung kantor terpisah
disebuah kompleks industry; masing – masing gedung ditempati antara 75 hingga
125 karyawan. Tiga pabrik pengolahan makanan hasil laut terletak di georgia,
texas dan Virginia.
Spesial
salmon memiliki armada sebanyak lebih dari 200 kapal nelayan yang mencari ikan
di samudera atlantik dan pesisir teluk amerika serikat. Karena ketatnya
persaingan tidak perlu dikatakan lagi bahwa anda harus mengetahui dimana ikan
berada disetiap waktu. Anda juga harus tahu jenis-jenis ikan yang diolah dan
kapan akan dijual. Menerima pesanan dari pelanggan restoran anda membutuhkan
sedikit negosiasi. Masing – masing restoran membutuhkan produk – produk
tertentu dengan jumlah tertentu, namun sekitar setengah dari pesanan mereka
didasarkan atas makanan hasil laut segar apa yang tersedia dan berapa harganya.
Bisnis ini merupaka bisnis permintaan dan penawaran yang sempurna ; tingkat
penawaran dan permintaan berubah setiap hari seiring dengan makanan hasil laut
yang ditangkap dan dijual. Produknya dapat rusak, sehingga harus cepat – cepat
dijual. Pada waktu yang bersamaan, restoran mengiginkan produk yang segar, dan
ini artinya mereka harus membeli apapun yang tersedia
Selama
bertahun – tahun special salmon telah mempergunakan komunikasi pribadinya
dengan para pelanggan. Saluran telepon terdedikasi, yang kadang disebut saluran
pribadi, digunakan, dan saluran telepon tersebut memberikan komunikasi yang
aman. Namun biayanya tinggi. kini anda sedang meneliti penggunaan ekstranet
untuk berkomunikasi dengan para pelanggan anda. Pelanggan anda akan memperoleh
akses ke informasi persediaan anda melalui internet untuk mengetahui produk –
produk makanan hasil laut apa yang dimiliki oleh perusahaan, persediaan
digudang – gudang anda ( sekaligus kapan makanan hasil laut ditangkap ), dan
jumlah makanan hasil laut yang akan tiba digudang dalam waktu 24, 48 dan 72 jam
mendatang. Harga makanan hasil laut juga diberikan, namun ini kan ditentukan
oleh jumlah dari setiap jenis ikan yang dibeli dan jumlah dolar pembelian
total, berikut dengan pembelian – pembelian terakhir yang menyebabkan
diberikannya potongan harga volume.
Anda
telah menyakinkan direktur utama dan direksi special salmon untuk berpindah
dari saluran telepon terdedikasi ke ekstranet, kini anda perlu membuat sebuah
rencana untuk mengimplementasikan ekstranet
Buatlah asumsi – asumsi berikut ini :
·
Komputer
mikro di setiap gedung kantor
dan setiap pabrik pengelolahan makanan hasil laut terhubung melalui LAN
·
Setiap gedung kantor
dan setiap pabrik pengolahan makanan hasil laut akan terhubung ke internet
melalui modern kabel
PEMBAHASAN
KASUS
·
Apa keuntungan dari
menggunakan ekstranet dibandingkan dengan saluran telepon terdedikasi pribadi
dalam situasi seperti ini ?
ð Keuntungan
menggunakan ekstranet adalah :
a.
Tidak terbatas ruang
dan waktu pelanggan special salmon dapat mengakses ekstranet dari mana pun dan
kapan pun, karena tidak terbatas oleh ruang san waktu. Ekstranet beroperasi
selama 24 jam. Melalui media ekstranet, produsen special salmon dapat
memberikan informasi – informasi yang bisa pelanggan peroleh dengan cepat.
Seperti ketersediaan ikan, harga ikan dan produk – produk hasil laut yang
dimiliki perusahaan
b.
Dukungan teknologi yang
terus berkembang. Pesatnya perkembangan teknologi dapat mendukung semakin
meningkatnya jumlah pengguna ekstranet, dengan teknologi yang terus berkembang,
hal ini dapat membawa kita ke kehidupan yang serba modern, Karen teknologi
dapat berperan sebagai pendukung ekstranet
c.
Cepat , mudah, dan
murah. Ekstranet menawarkan kelebihan yang dimiliki oleh media lainnya, dengan
ekstranet kita dapat mendapatkan informasi yang leboh cepat. Mudahnya penggunaan
ekstranet juga dapat digunakan sebagai pemicu pesatnya perkembangan ekstranet
dari hari ke hari serta biaya yang murah karena ekstranet dapat di akses di
gadget maupun PC pelanggannya yang memiliki koneksi, tentu dapat dijadikan
keunggulan ekstranet dibandingkan dengan telepon terdedikasi/pribadi.
d.
Sumber informasi besar.
Ekstranet adalah media yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menambah
wawasan, karena dengan adanya ekstranet, pelanggan dapat mengetahui informasi –
informasi yang mereka inginkan. Banyaknya informasi yang dapat di akses oleh
pelanggan melalui ekstranet ini untuk menacari tahu informasi tentang hal – hal
yang diperlukan oleh pelanggan
·
Berapakah Kecepatan
komunikasi data yang anda harapkan dari LAN dan dari modem kabel ? apakah kecepatan
ini memadai untuk kebutuhan bisnis anda ?
ð Kecepatan
komunikasi data yang diharapkan dari LAN hanya mencakup wilayah kecil. Salah
satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan computer anda
ke jaringan computer yang terhubung ke internet. cara ini banyak digunakan di
perusahaan, kampus – kampus dan warnet – warnet. Sebuah computer yang dijadikan
server ( computer layanan ) di hubungkan ke internet. Computer lain di jaringan
tersebut kemudian di hubungkan ke server tersebut. Biasanya computer yang
berfungsi sebagai server dihubungkan dengan sebuah internet service provider (
ISP ) melalui kabel telepon atau melalui antenna. Sedangkan untuk menghubungkan
computer ke computer server dilakukan dengan menggunakan kartu LAN ( LAND CARD )
dan kabel koaksial ( UTP )
Local area network
niasanya sisingkat LAN adalah jaringan computer yang jaringannya hanya mencakup
wilayah kecil. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3
ethernet menggunakan perangkat switch uang mempunyai kecepatan transfer data
10, 100 atau 1000 Mbit/s. selain teknologi Ethernet ,saat ini teknologi 802.11
b ( atau biasa disebut Wi-fi ) juga sering digunkan untuk membentuk LAN.
·
Bagaiman anda akan
memperkirakan reaksi para pelanggan anda, yaitu restoran – restoran terhadap
perubahan ke ekstranet ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar